Mengatasi Penayangan iklan Google Adsense telah di nonaktifkan

Mengatasi Penayangan iklan Google Adsense telah di nonaktifkan

Cukup lama saya tidak menulis di wikisantri, baiklah kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagi para Publisher Google Adsense. Yaitu bagaimana cara mengajukan banding ke Google Adsense katika penayangan iklan di non-aktifkan di salah satu situs kita.

Awalnya cukup kaget ketika saya melihat pesan masuk di Email saya, ada pesan email dari Google Adsense. Di dalam hati saya bergumam “tumben Adsense ngirim email tanggal segini, padahal belum waktunya gajian”. Setelah saya lihat ternyata isinya cukup bikin bingung dan kaget saat itu juga , saya cemas dan berharap tidak  terjadi sesuatu pada akun Adsense saya.

Judul isi pesan tersebut terpampang jelas, yakni “Penayangan iklan Google Adsense telah di nonaktifkan untuk situs Anda” dari judulya saja sudah dapat disimpulkan jika iklannya saja yang dinonaktifkan dan bukan akunnya, Alhamdulillah kebingungan saya sudah mulai reda.


Karena saya memasangan iklan Adsense pada 2 situs saya, dan yang mendapatkan warning adalah web saya yang ini, kemudian saya coba cek di dashboard Adsense, dan benar saja, terdapat sebuah pesan ber-background merah yang berisi peringatan serta notifikasi di lonceng pojok kanan atas dashboard Adsense. Tanpa berfikir panjang, karena di akhir kalimat pesan tersebut saya disarankan untuk mengeklik link PUSAT KEBIJAKAN, okelah langsung saya klik.


Setelah itu saya diarahkan pada menu “Pusat Kebijakan” disana akan ditampilkan jenis pelanggarannya, jumlah pelanggarannya, status situs dan lain sebagainya.

Setelah saya amati dengan pasti, saya klik link url web saya pada Situs yang terpengaruh penegakkan kebijakan, dan akhirnya saya di arahkan pada menu untuk memperbaiki atau mengajukan banding,. Pada menu ini, akan dipaparkan apa yang harus kalian lakukan untuk memulihkan kembali iklan yang dinonaktifkan di situs kalian.

Terdapat tiga informasi terkait kasus ini, yaitu : pelanggaran situs, Status situs dan Tanggal penegakan kebijakan terakhir. Pada kasus saya, pelanggaran situs divonis pada “Navigasi” web saya, tentu saja, karena saya habis ganti template dan belum sempat mengedit Navigasinya, jadi jelas sudah pelanggaran apa yang dilakukan oleh web saya ini. Dan pada kolom Status situs berisi tulisan “Penayangan iklan yang dinonaktifkan” dan pada Tanggal penegakan kebijakan terakhir, berisi tulisan “ 16 Mei 2018.


Kemudian saya gulir kebawah, disini terdapat dua tab, tab pertama untuk CARA MEMPERBAIKI dan tab ke dua CONTOH HALAMAN.

Untuk memperbaiki, pilih tab CARA MEMPERBAIKI dan untuk melihat contoh halaman yang terkena pelanggaran klik tab CONTOH HALAMAN.


Disini saya langsung memilih tab CARA MEMPERBAIKI. Terdapat dua opsi untuk memulihkan iklan yang hilang akibat kasus ini.

Opsi pertama berisi :

  1. Perbaiki pelanggaran di semua halaman yang memuat kode iklan.
  2. Simpan kode iklan di tempat  Anda ingin menayangkan iklan.
  3. Minta peninjauan.
Kemudian, tunggu saja kabar dari Tim Adsense sambil berdo’a agar iklan bisa kembali muncul di situs kamu, bisanyan memerlukan 1-2 hari atau bahkan lebih, jadi nyantai saja, sembari membenahi pelanggarannya.

Opsi yang kedua :


Untuk opsi yang kedua tidak ribet, kamu tinggal menghapus kode iklan di web yang melanggar kebijakan, sambil membenahi pelanggaran tersebut, cukup lama juga menunggu hasil dari opsi yang kedua ini yaitu seminggu bahkan sampai 10 hari, jika web kamu sudah kamu diperbaiki pelanggarannya, maka selang 7 hari atau 10 hari tulisan peringatan di dashboard Adsense otomatis akan menghilang dan iklan akan ditayangkan kembali di situs kamu.

Minta Peninjauan

Pada menu ini, akan muncul pop up Formulir permintaan peninjauan, disini kamu harus mengisi form yang telah di sediakan dan jelaskan apa yang telah kamu lakukan untuk memperbaiki pelanggaran di situs kamu, dan berikan contoh halaman atau url postingan yang mengandung pelanggaran (Opsional). saya hanya mengisi dengan 2 url web saya, jadi meski tidak diisi tidak apa-apa.


Terakhir klik tombol "Minta Peninjauan

Kalau saya memakai opsi yang pertama, lebih mengena dan cepat di tanggapi oleh Pakar Adsense, selang 1 hari setelah saya meminta peninjauan dan memperbaiki Navigasi web saya, Alhamdulillah ada Email masuk yang memberitahukan bahwa iklan telah ditanyangkan kembali di situs saya ini.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

3 komentar

  1. Mas ane mau nanya, template blog ini beli di mana Mas? Soalnya ane pengin juga, karena desainya keren benget!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya menggunakan template VioMagz buatan Mas Sugeng

      Bisa di dapatkan di blog mas sugeng www.sugeng.id

      Hapus
  2. Mas ane mau nanya, template blog ini beli di mana Mas? Soalnya ane pengin juga, karena desainya keren benget!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post