Alat yang dibutuhkan Untuk Streaming di Facebook (PC) Dengan vMix

Alat yang dibutuhkan Untuk Streaming di Facebook (PC) Dengan vMix

WikiSantri.com - Facebook menjadi semakin menarik sejak fitur streaming video diluncurkan oleh media sosial terpopuler di dunia ini, bagaimana tidak jutaan orang setiap harinya online di Facebook, entah hanya untuk buka-buka siapa teman yang update status, atau sekedar buka grup di facebook, chatting, promosi barang, dan lain sebagainya.


Cara kerja streaming di facebook hampir mirip di youtube yang lebih dulu memiliki fitur yang fleksibel untuk streaming, tetapi masing masing layanan streaming video memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, maka dari itu lakukan ujicoba dahulu sebelum melakukan streaming video agar video streaming kamu banyak pemirsanya atau penontonya.

Baca Juga : Tutorial Streaming Lengkap Menggunakan vMix Sotware

Di facebook mempunyai kelebihannya daripada di youtube menurut saya, karena pengguna sosial paling banyak pengguna dan paling sering online adalah difacebook, jadi ketika kamu memulai streaming, maka semua teman kamu akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan bahwa kamu telah memulai live video streaming, dan hal ini akan otomatis membuat banyak pengguna yang menonton streaming kamu. Berbeda dengan youtube, pengguna facebook lain tidak akan mendapatkan pemberitahuan jika mereka tidak subscribe dahulu atau langganan channel youtube kamu.

Untuk dapat membuat video streaming di PC kamu harus memiliki beberapa bahan atau alat tempur yang berupa :

1. PC atau Laptop
2. Software untuk streaming (vMix)
3. Sumber video (Kamera, file video dll)
4. USB Capture Video Audio (untuk memasukan video dari alat lain ke pc/laptop)
5. Kabel AV dan Jack Audio (Untuk memasukan suara dari perangkat lain; misal Mixer Audio)
6. Modem atau Koneksi Internet (Wifi, LAN dll)

Kita bahas kegunanan alat-alat diatas dibawah ini.

#1 PC atau Laptop
Karena kita akan melakukan streaming video menggunakan PC atau laptop, pastikan PC atau laptop sudah memiliki spesifikasi sesuai software dan hardware yang kamu gunakan untuk streaming, vMix misalnya, sofware ini membutuhkan minimal prosesor i3 dan RAM 4Gb, bukan itu saja VGA juga mempengaruhi proses streaming kamu. Jadi minimal VGA mu harus diatas 1Gb, dan memiliki input audio jack yang terpisah (saran saya), karena untuk melakukan streaming dengan software apapun, maka akan banyak menguras kinerja setiap perangkat di PC atau laptopmu, misal kinerja prosesor, RAM, VGA dan sebagainya.

#2 Software untuk Streaming
Disini saya menggunakan Vmix 19 untuk melakukan streaming video, jadi untuk sofware lainya nanti dibahas di artikel selanjutnya, Download Vmix terbaru di SINI

#3 Sumber video
Ini merupakan sesuatu yang akan kita sajikan, jadi tentukan, komponen apa saja yang akan kamu tampilkan di video streaming kamu. Jika melakukan streaming acara live atau event besar misal kamu harus memiliki banyak video yang siap kamu Mixing didalam sofware Vmix. Jadi siapkan mulai dari intro, bumper, opening, lowerthird dan amimasi-animasi yang dibutuhkan di video kamu.
Jika membutuhkan sumber video dari perangkat lain, kamu bisa ambil langsung dari kamera, video player, Mixer video dan sebagainya, pastikan semua sudah siap.

#4 USB capture
Selanjutnya untuk memasukan video dari perangkat lain ke PC atau laptop, kamu harus menggunakan alat tambahan yang berupa alat untuk mengcapture videomu untuk dimasukan melalui kabel USB, istilahnya USB capture akan mengconvert videomu agar bisa masuk melalui kebal data atau USB, gunakan Video capture yang sesuai dengan kebutuhanmu, jika kebingungan beli dimana, coba cari di toko online dengan keyword “Mygica Capit” disitu akan direkomendasikan USB capture dengan fitur dan harga yang berbeda-beda.

#5 Kabel Video (RCA) dan kabel Jack Audio
Fungsi dari kabel RCA ini nanti akan memasukan sumber video dari perangkat lain, kamera, video distributor, mixer video dan lainya menuju ke USB Capture kamu, dan Kabel Jack Audio untuk memasukan Audio atau sumber suara dari perangkat lain seperti, Audio Mixer, MP3 player, HP dan sumber suara lainya untuk di colokan melalui port Audio di PC atau laptopmu.

#6 Modem atau WiFi
Pasti sudah faham fungsi dari alat ini, yaitu untuk menghubungkan proses streaming kamu ke internet, gunakan Modem atau WiFi yang memilki speed upload diatas 4Mps untuk mendapatkan video HD ketika streaming, jadi ini juga berlaku ketika kamu memilih provider internet yang kamu gunakan, entah memakai LAN dari layanan telepon, atau modem yang menggunakan Sim Card . syukur-syukur jika internet kamu sudah menggunakan Fiber Optik, dapat dipastikan kecepatan dan kestabilitas koneksi internet bakal lancar. Jadi koneksi internet kamu akan menentukan kualitas streaming videomu, bayangkan jika koneksi internetmu lemot dan banyak kendala, proses streaming kamu bakalan tidak sempurna karena harus banyak buffering/loading untuk transfer video kamu ke server facebook, ini akan membuat penonton kecewa dan akan menutup live video streaming kamu.

Itulah informasi mengenai beberapa alat yang dapat digunakan untuk melakukan video streaming facebook di PC menggunakan vMmix Software, cara ini hanya untuk melakukan streaming sederhana saja, bukan untuk melakukan Mixing multi kamera, jadi cara kerjanya : hanya untuk satu sumber video dari kamera dan dengan ditambahi judul intro, lowerthird dan audio.

Karena untuk melakukan Mixing Video dibutuhkan PC atau laptop spesifikasi lebih tinggi lagi dan alat tambahan yang lebih canggih lagi.

Gambaranya seperti ini tentang Multi Kamera dengan vMix
Kamu bisa memindah-mindah dari banyak sumber video/audio ,atau banyak kamera, dan lubang USB di PC atau laptop kan Cuma ada 2 atau 3, dan lubang-lubang tersebut tidak bisa dimasuki setiap kamera, jadi kamu harus menggunakan banyak USB Capture berbeda setipa lubangnya. Maka kamu nanti bisa memindah dari kamera satu ke kamera lain dengan vMix dan untuk melakukan tugas yang berat dan banyak itu dibutuhkan spesifikasi PC atau laptop yang tinggi dan tahan, belum lagi nanti kamu merecord setiap Mixing videomu dan itu sangat banyak memakan kinerja prosesor dan RAM.
Tapi jangan khawartir, kamu bisa menggunakan Pci di PC dengan banyak input kamera dan ini akan meminimalisir peralatan yang kamu gunakan, dan saat ini juga sudah banyak orang yang merakit alat portabel untuk memasukan banyak kamera melalui satu lubang USB, dan ini sangat praktis untuk melakukan multikamera vMix dengan menggunakan laptop, kamu bisa mencarinya di internet jika penasaran.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share, dan komentar, selamat streaming video..
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post