jcKe6RqBmvMJzERcfgSEadnZMSjYoEKZWuyTEtwN
Jangan Asal Pesantren, Pilih Pesantren Yang Tepat

Jangan Asal Pesantren, Pilih Pesantren Yang Tepat

WikiSantri.com – Dizaman seperti ini, banyak sekali problematika yang muncul dilingkungan kita, mulai dari hal sepele hingga hal-hal yang menyangkut urusan agama, Sebagai orang tua, menyelamatkan anak adalah hal yang mutlak wajib dilakukan, hingga anak-anak tidak sampai terjerumus ke arus lingkungan yang tidak sehat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh orang tua adalah memberikan sebuah pendidikan yang baik terutama yang berhubungan dengan akhlaq, dan pendidikan akhlaq yang baik akan didapatkan dilingkungan pesantren ,saya tidak mengatakan selain pesantren tidak menjamin mampu memberikan pendidikan akhlaq yang baik, tetapi kita bisa membaca dari lingkungan kita, dari televisi, internet, koran dan media lainya, hampir setiap saat berita dimedia akan menyoroti rusaknya akhlaq anak-anak di lingkungan kita, mulai dari mencuri, berkelahi, pacaran hingga melakukan banyak lagi maksiat yang mengerikan. Dan rata-rata mereka juga masih sekolah, lah terus dimana pendidikan ahklaq yang mereka dapatkan dari sekolah…? Apalagi sekolah yang minim pendidikan agamanya.


Maka dari itu, solusi terbaik adalah dengan cara mengumpulkan anak-anak kita di area lingkungan yang sejuk dengan tauladan akhlaq yang santun, dan itu bisa didapatkan di pesantren, karena hampir setiap waktu mereka yang ada dipesantren akan diajarkan berbagai disiplin ilmu, terutama ilmu yang dapat membuat mereka takut kepada Allah AWT, dan menunjukan mereka kepada ridho Allah SWT.

Jika sudah berniat memasukan anak ke pesantren, JANGAN ASALPESANTREN..!! yang akan kita jadikan sebagai tempat pendidikan anak kita, kenapa..? akhir-akhir ini sering kita lihat dilingkungan kita terdapat berbagai aliran yang aneh, dan yang paling mengkhawatirkan, saya pernah mendengar jika ada anak yang pernah nyantri dipesantren, ketika pulang dia memiliki watak yang keras, padahal sebelum nyantri dia anak yang biasa, mereka berani menbid’ahkan ORANG TUANYA sendiri, bahkan sampai mengkafirkan orang tuanya, dengan dalih orang tua mereka masih melakukan amaliyah yang tidak sesuai dengan apa yang di pelajari ketika dipesantren, contohnya kegiatan tahlilan, maulidan dan amaliyah yang hampir sudah berabad-adab di lakukan oleh masyarakat disekitar kita.

Inilah bibit-bibit radikalisme, salah memilihkan pesantren bisa berakibat fatal, karena saat ini banyak sakali muncul pesantren-pesantren yang mendoktrin muridnya dengan pemahaman yang keras, merasa paling benar sendiri, yang tidak sesuai dengan pemahamannya dianggap bid’ah, syirik, bahkan kafir, fanatik dengan kelompoknya sendiri. TERUS KEMANA AKHLAQ DAN ADAB MEREKA…? 

Bahkan guru-guru mereka berani mencaci maki ULAMA’ yang tidak sesuai dengan pemahaman mereka. Kan sangat bahaya…? Lah mereka saja diajarkan berani kepada ulama’ apalagi kepada anda wahai orang tua..?

Ciri-ciri mereka , pesantren yang mengerikan ini biasanya mempunyai visi dan misi “Kembali kepada Al Qur’an dan Assunnah” jadi berhati-hatilah ketika memilih pesantren, Karena ini sangat mempengaruhi pola pikir mereka ketika keluar dari pesantren yang salah.

Pilihlah pesantren yang salaf dan banyak mengajarkan ilmu yang membuat mereka semakin beradab, karena pesantren-pesantren yang diperkasai oleh Kyai-kyai ini cenderung mementingkan Adab, Akhlaq dari pada ilmu, lebih santun, adem, lemah lembut, karena beliau-beliau ini memiliki pengalaman belajar kepada guru-guru yang sanad keilmuan bisa dipertanggung jawabkan dengan jelas dan sanad keilmuan mereka  nyambung hingga kepada Rasulullah SAW.

Meskipun mampu menguasai berbagai ilmu, pintar dan cerdas tetapi jika tidak memiliki AKHLAQ, ADAB yang baik, maka mereka tidak akan berguna dimasyarakat ketika pulang dari pesantren, ilmu yang mereka peroleh tidak memilki barokah, karena telah di cederai dan dikotori dengan perangai akhlaq dan adab yang salah.

Terus Bagaimana Cara Memilihkan Pesantren Yang Tepat Bagi Anak-anak.?

Maka dari itu, lakukan survey terlebih dahulu sebelum memilih pesantren, anda bisa melihat, Gurunya siapa, Sanad Ilmunya bagaimana, Gurunya guru tersebut siapa, Sistem pembelajaranya bagaimana, atau anda bisa melihat alumni dari pesantren tersebut seperti apa ketika di masyarakat, kesemuanya itu agar anda tidak salah memilihkan lingkungan belajar yang salah kepada anak-anak anda.

Karena yang namanya orang tua, pasti menginginkan memiliki anak yang pintar, baik, memiliki akhlaq dan adab sopan santun yang tinggi kepada mereka berdua dan anak yang bermanfaat di masyarakat, bahkan bisa menjadikan walisah bagi mereka berdua untuk menggapai surga-Nya. Karena memiliki anak yang sholeh/sholehah yang bisa mendo’akan mereka berdua merupakan impian setiap orang tua.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post