5 Hal Yang Biasa Dialami Santri Baru Dan Cara Mengatasinya

5 Hal Yang Biasa Dialami Santri Baru Dan Cara Mengatasinya

WikiSantri.com – Menjadi santri adalah sebuah pilihan dan juga nikmat yang amat berharga dalam diri seseorang, santri atau pelajar baru yang baru masuk pesantren pada umumnya akan mengalami sedikit masalah dengan proses adaptasi dengan lingkungan pesantren.


Orang tua sangat mengiginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk ketika orang tua telah sepakat untuk memasukan anaknya ke dalam pesantren, ketika semua sudah dipersiapka jauh-jauh hari agar anaknya kerasan dan betah di pesantren, tetapi yang namanya anak baru di pesantren,tetap saja tidak bisa lansung bisa menyesuaikan dengan kondisi system dan lingkungan pesantren.

Baca Juga : Jangan Asal Pesantren, Pilihlah Pesantren Yang Tepat

Meskipun ada beberapa santri baru, yang bisa benar-benar langsung kerasan dan bahagia ketika hari-hari pertama masuk pesantren, tetapi itupun tidak dialami oleh kebanyakan santri baru.

Dan hal-hal yang membuat mereka tidak betah ketika awal masuk pesantren adalah seperti hal-hal berikut :
  1. Tidak punya teman
  2. Spontan ada perasaan tidak ingin ditinggal oleh orang tua.
  3. Bingung dan masih berusaha menyesuaikan dengan segala aktifitas di pesantren.
  4. Teman se kamar masih sulit untuk berbaur dan bersosialisasi
Nah, itulah yang biasanya akan dialami oleh santri baru ketika masuk ke pesantren, ketika tanda-tanda diatas dialami oleh santri baru, itu merupakan permasalahan inti dan setalah poin diatas diraskan oelah santri baru, maka hal-hal dibawah ini juga akan otomatis mengiringi perasaan tidak kerasan mereka di  pesantren, maka sebaiknya lakukan cara-cara dibawah ini :

#1 Ketika Tidak Ada Teman Baru dan Sulit Bersosialisasi

Hal yang sangat wajar adalah ketika pertama masuk pesantren, dimana dipesantren yang baru tersebut pasti kita tidak mempunyai teman, kecuali kita ada barengnya atau ada teman, tetangga yang nyantri di pesantren tersebut. Jika tidak ada teman yang kita kenal satupun, hal yang paling baik adalah kamu harus mempunyai sifat ramah dan mudah untuk memulai perkenalan dengan teman barumu, hal ini akan mempercepat kamu mendapat banyak kenalan di pesantren, terutama teman-teman yang berada satu kamar dengan kamu. Hal ini akan memudahkan kamu untuk cepat kerasan dan betahm apalagi kamu memiliki daya humor yang bisa membuat temanmu penasaran dengan kamu.

#2 Jangan Suka Menyendiri

Ketika muncul perasaan yang menginginkan kamu untuk balik kerumah, jangan sekali-kali kamu turuti dan biarkan saja, apalagi sampai terbawa pada fikiran , dan biasanya akan membuat  kamu menyendiri, Jangan..!! Berusahalah untuk terus dekat bersama-sama temanmu meski kamu belum begitu mengenalnya, mereka ngobrol ikutlah berada disampingnya, ketika mereka belajar dan sebagainya pastian kamu tidak berpisah dengan teman-temanmu,. Hal ini akan membuat fikiranmu tersibukan dengan hal-hal yang jauh daripada lamunan dan khayalan yang berakibat kamu tidak betah saat pertama kali masuk pesantren.

#3 Konsultasi dengan Pengurus atau Ustadz

Jika bayangan-bayangan tidak kerasan dan tidak betah mulai muncul, jangan malu untuk meminta bantuan dengan teman, pengurus atau bisa Ustadz kamu. Karena mereka lebih lama di pesantren dan memiliki banyak pengalaman, hal ini bermanfaat untuk kamu agar kamu mendapatkan arahan dan solusi agar bisa melewati masa-masa tidak betah ketika awal masuk pesantren.

#4 Ketika teringat Keluarga dan Teman di Rumah.

Beberapa hari setelah kamu masuk pesantren untuk pertama kalinya, kenangan aneh di memorimu akan otomatis terputar, ingat dengan apa yang ada di sekitar mu di rumah dulu, ingat Bapak, Ibu, Mas, Mbak, Adek, Pakde, Bude, Teman akrab bahkan hingga perempuan yang belum berhak di bayangkan oleh anak seusiamu di pesantren. Buanglah itu semua, dan mualilah dengan lingkungan yang baru dan dengan segala pengalaman mengesankan di hidupmu yaitu ketika di pondok pesantren.

#5 Berdo’a, Sabar dan Tawakkal

Solusi terakhir jika kamu tidak betah di pondok pesantren saat pertama kali masuk, teruslah berdo’a, bersabar dan bertawakkal kepada Allah SWT. Memintalah dengan sabar agar selalu diberi kekuatan untuk melewati masa-masa ketika awal masuk pesantren, kerahkan semua kesabaranmu untuk melewati semuanya, dan yang penting tetap istiqomah tawakkal berserah diri kepada Allah SWT.

Nah, itulah yang bisa saya bagikan untuk kamu di WikiSantri.com atau mungkin tulisan ini bisa menjadi bahan referensi bagi calon santri baru, orang tua, wali santri yang memiliki niat mulia yaitu memasukan anaknya ke pondok pesantren, selamat mondok, Ayo Mondok.!! Pesantrenku Keren..!
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post