Cara Merekam Audio Menggunakan Adobe Audition CC 2017

Cara Merekam Audio Menggunakan Adobe Audition CC 2017

Kita tentunya tidak ingin ketinggalan sebuah momen, event atau acara gara-gara tidak terdokumentasikna dengan baik, apalagi jika isi dari acara itu sangat bermanfaat dan sangat kita perlukan untuk dikemudian hari, contoh : seminar atau pengajian-pengajian , sangat disayangkan jika tidak direkam, karena itu akan bermanfaat setelahnya.


Meskipun sudah banyak Smartphone atau Portabel Recording yang dapat digunakan untuk merekam dengan simple, tetapi kita juga memerlukan kualitas rekaman dengen Audio Quality CD bahkan dengan kualitas HD tentunya dengan sedikit tambahan filter agar bisa mendapatkan kualitas tersebut.

Kali ini saya akan membuat sebuah tutorial dari pengalaman saya, yaitu Bagaimana Cara Merekam Audio Menggunakan Adobe Audition CC 2017, cara ini sangatlah mudah dan bisa dipraktekan oleh siapa saja.

Baca JugaCara Lengkap Live Streaming Menggunakan vMix Software Terbaru

Berbagai software untuk merekam audio juga sangat beragam dan banyak, beda software juga beda fitur yang tertanam didalamnya, tapi tentunya untuk mendapatkan hasil yang bagus dan professional kita harus menggunakan software premium yang sudah dijamin oleh vendornya untuk kualitasnya.

Tapi bukan berarti software yang gratisan tidak dapat menghasilkan kualitas rekaman yang bagus, tetapi saat ini sudah banyak tersedia software gratisan atau Open Source yang memiliki fitur premium. Sebut saja Audacity, software gratis ini setelah saya coba ternyata memiliki fitur hampir sama dengan software sekelas Adobe Audition, bahkan versi terbarunya juga sudah seperti Adobe Audition CC 2017.

Baik, berikut cara merekam audio dengan kualitas CD dan HD menggunakan Adobe Audition CC 2017.

Pertama download softwarenya di SINI kamu bisa mendapatkan versi trial dan silahkan beli lisensinya agar menjadi versi full.

Siapkan perlatannya :
  1. Laptop atau PC
  2. Kabel RCA to Jack audio 33m
  3. Sumber audio, bisa dari mixer operator sound system
Langsung saja kita mulai merekam audionya.
  1. Setelah membuka Adobe Audition CC 2017, langsung klik tombol record yang berwarna merah
  2. Akan muncul Pop Up berisi konfiguarasi yang harus kamu ubah sesuai dengan kebutuhan, jika selesai klik tombol OK.
  3. Proses merekam akan berlangsung, dengan ditandai sebuah grafik wavefrom yang bergerak, dan durasi waktu merekam.
  4. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa memilih Pause atau Stop untuk mengakhiri rekamanmu.
  5. Setelah selesai jangan lupa untuk menyimpan hasil rekamanmu, dengan cara klik Ctl+Alt+S maka akan muncul Pop Up yang harus kamu setting sesuai dengan kebutuhan, lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini.
Untuk mendapatkan suara yang bagus, pastikan grafik inpun suara pada parameternya tidak sampai ke warna merah, jika melebihi pada level merah, suara yang dihasilkan akan pecah dan overload, lebih baik sesuaikan dibawah level merah, nanti sebelum kita save,tinggal naikkan Amplitudenya agar sesuai dengan yang kita butuhkan.

Demikian sedikit tutorial kali ini, saya biasa merekam pengajian-pengajian, ceramah dan kegiatan-kegiatan lainya di pesantren menggunakan cara ini, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post