Cara Lengkap Streaming Menggunakan Wirecast Pro

Cara Lengkap Streaming Menggunakan Wirecast Pro

Seperti yang saya posting pada tutorial sebelumnya, mengenai software untuk melakukan streaming video ke social media Youtube, Facebook dan lainya, salah satunya ada software yang cukup baik dan keren selain vMix software, yaitu Wirecast. Wirecast memiliki fitur hampir sama dengan vMix yaitu memiliki fitur utama sebagai virtual mixing video dan streaming video.

Software ini memiliki fitur sedikit berbeda dengan vMix, tetapi tergantung kebutuhan kamu ketika melakukan live streaming, kamu tinggal bereksperimen sendiri dengan mencoba tools yang tepat sesuai dengan kebuthan kamu.

Baca Juga : Cara Lengkap Live Streaming Menggunakan vMix Software

Pada kali ini akan saya berikan sedikit keunggulan Wirecast dibandingkan vMix Softaware yaitu :

1. Streaming dengan kualitas HD
2. Konfigurasi preset yang lengkap untuk semua jenis server video streaming
3. Mampu merekam video dengan kualitas HQ atau HD.
4. Lowerthird yang banyak dan keren.
5. Interface yang sangat bagus, kita bisa control penuh proses streaming lewat bar notifikasi.

Itulah keunggulan Wirecast yang telah saya coba, namun dibalik keunggulan pasti ada kekurangan, namun tidak saya sebutkan disini karena nanti terlalu panjang artikel ini.

Oke, langsung saja ke Tutorial Cara Lengkap Streaming Menggunakan Wirecast:

  1. Pastikan kamu sudah mendownload Software Wirecast di SINI
  2. Setelah itu install dan buka Wirecast kamu.
  3. Pada saat baru membuak pilih Empty Document karena kita baru membuat preset baru, dan kemudian klik Continue
  4. Kemudian kamu akan menjumpai 3 buah layer, dan pada layer 1 pilih icon Add (bantuk +), kemudian akan muncul source media yang akan kamu gunakan, pilih Capture Device karena kita akan streaming melalui kamera sendiri (Lihat tutorial vMix jika belum jelas)
  5. Pilih USB Capture Device yang tersambung ke laptop kamu, maka video dari USB Capture kamu akan muncul pada layar.
  6. Untuk menambahkan Audio dari luar laptop seperti Mixer Audio kamu sendiri , sama caranya yaitu dengan klik pada layer ke 2, dan pilih icon Add (+) dan pilih Capture Device dan pilih Microphone (High Definition Audio Device) yang pertama.
  7. Untuk menambahkan media lainya seperti Video, Screen Capture, Text, Image, Lowerthird, Sosial media, Title atau Virtual Set, sama caranya tinggal Add (+) dan pilih sesuai kebutuhan.
Setelah semua konfigurasi video sudah selesai, kini saatnya menkonfigurasi Live Streaming Wirecastnya :
  1. Klik pada menu Output, kemudia plih Output Setting atau klik Ctrl+Y , dan plih Add… 
  2. Pada Select an Output Destination, pilih destination sesuai dengan keinginanmu mau streaming pada Facebook, Youtube atau terserah.
  3. Disini saya memilih Youtube, dan setelah itu akan muncul Dialog settingan Youtube, Pada Name isi dengan nama konfigurasi terserah kamu, Destination biarkan saja pilih Youtube (atau jika mau streaming pada server lainya kamu bisa mengubahnya), pada Endcoding ini yang paling penting, seperti pada vMix pilih kualitas streaming sesuai dengan kecpatan internetmu, agar tidak putus-putus atau buffering ketika live. Saya pilih Youtube : 480p30 x 264 minimum (500Kbps)
  4. Pada Username : Klik Authenticate…  dan akan terbuka login kea kun Youtube kamu, biarkan Wirecast mengakses channel kamu, pada Event biarkan saja sesuai dengan channel streaming yang telah kamu buat pada Youtube dan setelah selesai semuanya kik OK.
Untuk melakukan streaming kamu tinggal klik icon sinyal, maka icon tersebut akan berubah menjadi warna hijau, dan disamping terdapat log status streaming kamu, dan jumlah yang menonton live srtreaming kamu, untuk mengakhiri streaming klik lagi icon sinya tersebut dan streamingpun selesai.
Selain itu jika kamu ingin merekam hasil mixing video sreaming kamu ke laptop langsung, caranya hampir sama seperti setting Output diatas, ketika Add…
Pada Destination pilih Record to Disc kamu bisa memilih format .MOV, .MP4 atau Windows media, kemudian klik ok, maka akan muncul dialog settngan Rekaman, pilih Endcoding sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk merekamnya tinggal klik icon bulat disamping icon sinya streaming, maka Wirecast akan memulai rekaman video yang kamu mixing.

Demikianlah tutorial mengenai , semoga bermanfaat, dan jangan ragu-ragu tinggalkan komentar dibawah ini jika kamu mengalami kesulitan dan Selamat Streaming.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post