Cara Lengkap Live Streaming Menggunakan vMix Software

Cara Lengkap Live Streaming Menggunakan vMix Software

Berbagai software broadcast saat ini sangat banyak dan beragam, mulai dari gratisan hingga yang premium, tentunya setiap software memiliki kelebihan dan kekurangan fitur sendiri-sendiri.

Ada banyak software untuk digunakan Live Streaming Video, seperti Wirecast (Premium), OBS Studio (Free), vMix (Trial  and Premium), GOM Sudio (Free) dan masih banyak lagi. Tentunya pilih sesuai dengan kebutuhan saja.

Baca Juga : Cara Lengkap Streaming Menggunakan Wirecast Pro

Tetapi untuk kebutuhan live video streaming saya, menggunakan software Virtual Mixing Video  seperti vMix, vMix merupakan software untuk melakukan mixing video secara live realtime, dan berfungsi layaknya Video Mixing Digital seperti Edirol atau Data Video.

Baca Juga : Alat yang dibutuhkan untuk melakukan Live Streaming di facebook dengan PC memakai vMix

Sofware ini sudah banyak digunakan oleh para produksi video seluruh dunia karena mudah digunakan dan hasilya tetap professional, vMix saat ini sudah mencapai versi 19.0.0.38 kamu bisa mendownloadnya di situs resminya di SINI.

Karena dioperasikan menggunakan Komputer atau laptop tentunya menggunakan vMix akan memiliki banyak fitur keren keperluan mixing video, dan cocok untuk Live Streaming Facebook maupun Yotube Menggunakan PC seperti : Effect Transisi, Lower Third, Visual Studio dan Live streaming.

Cara Live Streaming menggunakan vMix Software sangatlah mudah, kamu tinggal siapkan beberapa alat untuk  membantu kebutuhan live sreaming tersebut, dan disini saya mengunakan vMix Versi 17.

Alat yang dibutuhkan Live Streaming menggunakan vMix.

1. Kamera Video
2. Kabel Audio Video atau RCA
3. USB Capture Video
4. PC atau Laptop
5. Modem (Jika menggunakan WiFi opsi ini bisa dilewati)

Setelah peralatan siap, saatnya mengkonfigurasi softwarenya, jika belum punya vMix bisa di download pada link diatas, Setelah menginstall vMix ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Konfigrasi vMix Untuk Sreaming Youtube

  1. Pilih Add Input
  2. Kemudian pilih Camera.
  3. Disini kamu bisa  memilih sumber video yang akan kamu gunakan, pilih saja Conexant USB Video Capture karena kita menggunakan External Video Capture.
  4. Pada Resolution pilih resolusi sesuai dengan resolusi yang di rekomendasikan oleh USB Video Capture kamu, disini saya memakai ukuran 720x480 memang tidak bisa HD tetapi dengan resolusi ini streaming kamu bakal lancar, karena saya sesuiakan dengan kecepatan internet yang saya pakai, jika speed internet kamu lebih dari 10Mbps  gunakan resolusi HD mulai dari resolusi 1280x720 keatas.
  5. Jangan lupa untuk ceklist pada kotak Interlace.
  6. Pada Frame Rate saya menggunakan PAL 50i , hal ini juga bisa kamu sesuaikan dengan reslusi yang didukung oleh USB Capture yang kamu pakai, jika tidak sesuai maka akan muncul pesan Error.
  7. Video Format pilih saja Default atau gunakan H264 sebagai codec yang standard broadcast.
  8. Audio Device pilih masukan suara sesuai dengan kebutuhan kamu, jika ingin memakai suara dari kamera video pilih seperti memilih video yaitu USB Capture kamu, jika menggunakan sumber suara dari luar seperti Mixer dan lainya pilih None saja dulu.
Setalah semua sudah kamu atur kini tinggal kamu coba, apakah video dan audio sudah masuk ke vMix dengan lancar, jika belum ulangi langkah-lankah diatas dan sesuaikan dengan USB Capture Video yang kamu gunakan.

Untuk menambahkan Input Audio dari sumber lain, Pilih Add Input, kemudian pilih Audio Input kamu tinggal pilih soundcard atau device audio yang terinstall di PC dan laptop kamu.
Setelah video dan audio terdeteksi dan masuk ke vMix, saatnya kita tinggal konfigurasi Streamingnya.
  1. Klik tombol gambar roda gigi disebelah tombol streaming.
  2. Pada Destination pilih kemana  akan distreamingkan video kamu, saya disini akan streaming via Youtube. Jadi saya pilih You Tube Live.
  3. Pada Steram Name or Key isi dengan sandi kunci streaming kamu, ini bisa kamu dapatkan pada dashboard live youtube streaming kamu.
  4. Pada Input Size pilih sesuai dengan step no. 1 atau sesuaikan dengan gambar diatas. Begitu pula dengan Framer Ratenya samakan saja
  5. Pada Quality ini pilih kualitas streaming yang akan kamu gunakan dan ingat sesuaikan dengan kecepatan internetmu, saya menggunakan H264 360p 750Kbps AAC 96Kbps
  6. Dan terakhir tinggal klik tombol Start , jika berhasil maka tombol stream akan berwarna merah atau lihat status streaming kamu dengan cara klik View Status, disitu akan ditampilkan proses streaming kamu.
    Contoh Konfigurasi Streaming Youtube dengan vMix
Dan jangan lupa Simpan preset kamu dengan klik Save and Close, streaming sudah berhasil. Jika ingin mengakhiri streaming tinggal klik Stop Sreaming.

Untuk streaming pada server lainya, misalkan ingin streaming vMix via Facebook kamu tinggal pilih Desination ke Facebook, kamu tinggal Login dan atur streamingnya kemudian Klik Start maka streaming facebook kamu sudah berjalan.

Demikianlah sedikit tutorial yang pernah saya lakukan, dan tentunya semua sesuai dengan apa yang pernah saya coba, jika kamu mengalami kendala silahkan tanyakan pada komentar dbawah, Sekian selamat sreaming semoga berhasil dan bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

3 komentar

  1. Maturnuuwun sangat membantu tutorialnya.....terimakasih banyak pak

    BalasHapus
  2. DI MENU KAMERA GAK ADA TULISAN USB CAPTUR GAN, GMN NIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di menu kamera namanya akan berbeda-beda, tergantung perangkat kaptur yang terinstall, disini saya memakai USB Capture MyGica Capit , jadi nama Kameranya Conexant USB Video Capture

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post