Kronologi Channel Youtube Saya Kena Suspend, Mungkin Gara Gara Ini

Kronologi Channel Youtube Saya Kena Suspend, Mungkin Gara Gara Ini

Kronologi Channel Youtube Saya Kena Suspend, Mungkin GaraGara Ini – Baru-baru ini salah satu channel Youtube saya tepatnya channel Pondok Pesantren Saya terkena suspend atau penangguhan dari tim  youtube. Masalah suspend merupakan masalah yang sering di alami hampir oleh seluruh Youtuber.

Memang terkena suspend merupakan salah satu upaya Youtube atau Google dalam menindaklanjuti para user yang melakukan palanggaran pedoman yang telah di tetapkan oleh perusahan video online terbesar tersebut.

Baca : Pedoman Komunitas Youtube

Setiap Yotuber akan mendapatkan peringatan berupa suspends channel mereka atau bahkan yang lebih ekstrim akun youtube mereka akan di hapus permanent oleh tim youtube tatkala ditemukan telah malanggar kebijakan komunitas Youtube.

Sistem Yotube sangat ketat dalam mendeteksi beragam pelanggaran yang dilakukan oleh usernya, dan yang kerap terjadi biasannya berupa Konten Berhak Cipta atau CopyRight atau beberapa kasus lainya yang diidentifikasi telah melanggar peraturan-peraturan yang telah ditentukan oleh Youtube.
Untuk channel youtube pondok saya memang ini merupakan kecerobohan saya, kenapa saya bilang keceroboha saya, dikarenakan saya memang telah paham betul tentang semua pedoman kebijakan youtube.

Saat itu saya telah meng-upload salah satu video hasil rekaman live streaming salah satu majelis taklim yang sempat diselenggarakan di pondok saya. Video tersebut di simpan di server facebook saat itu, dikarenakan oleh crew majelis tersebut di live streamingkan lewat facebook bukan lewat yotube, al hasil saya download video tersebut kemudian saya re-upload ke Yotube channel pondok saya.

Saya sempat sadar saat itu opening video yang distreamingkan memiliki sejenis music trailer yang telah di miliki oleh salah satu pembuat atau pemegang lisensi music tersebut, meski hanya berupa sound music berdurasi beberapa detik atau menit tapi dampaknya sangat fatal.

Dan cerobohmya saya lagi saya tetap berskeras untuk meng-upload video tersebut, padahal pelanggaran saya hanya berupa Copyright sound music yang terdapat pada video tersebut dan saya lupa tidak memotongnya dahulu sebelum di upload, dan al hasil satu jam setelah saya upload saya kena peringatan seperti gambar dibawah ini.
Peringatan terkait video saya terdapat Copyright Content

Setelah email peringatan saya dapatkan, bebrapa menit kemudian email yang sangat mengerikan datang, Email yang berisi pemberitahuan jika channel saya telah di tangguhkan atau dinonaktifkan, itupun saya tidak tahu dan diberi tahu oleh salah satu teman saya jika akun saya telah dinonaktifkan oleh Youtube.

Dan mungkin juga dikarenakan channel saya ini sebelumnya telah didapati melanggar bebrapa pedoman youtube dan saya sendiri sudah 2 kali video saya kena pelanggaran berupa Copyright, yang pertama video music yang berisi lagu cover dan yang kedua kalau tidak salah gara gara backsound music yang saya gunakan berhakcipta, meski telah saya jelaskan pada deskripsi video tersebut mengenai property yang saya gunakan atau kredit telah saya jelaskan dengan detail tetap saja Youtube menganggapnya sebagai pelanggaran.

Setelah kejadian tersebut saya mencari solusi untuk mengembalikan channel kesayangan saya tersebut dan sala satunya adalah dengan menghubungi Tim Yotube agar mereka bersedia mengembalikan akun channel saya yang telah di anggap melanggar peraturan mereka.


Dan hingga artikel ini saya tulis, saya masih menunggu dengan cemas dan berdoa agar tim yotube mengembalikan channel yang sangat bermanfaat bagi masyarakat tersebut. Demikian sedikit curhatan atau sesuatu yang telah alami belakangan ini yang berupa Channel Youtube Saya Kena Suspend,Mungkin Gara Gara Ini dan jangan lupa luangkan untuk memberikan masukan atau komentar agar kita bisa memecahkan masalah ini.


Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post