Solusi Agar Render Video Di Adobe Premiere Lebih Cepat Dari Biasanya

Solusi Agar Render Video Di Adobe Premiere Lebih Cepat Dari Biasanya

Solusi Agar Render Video Di Adobe Premiere Lebih CepatBergelut di bidang utak-atik video sangatlah menyenangkan, bahkan aktifitas ini juga menjadi kebanyakan hoby dikalangan pecinta videography. Apalagi saat ini dengan meningkatnya rating portal video seperti Youtube yang terus meningkat, maka produksi video bisa dilakukan oleh siapapun yang menginginkanya.


Hoby ini bahkan juga menjadi salah satu bisnis yang sangat digemari oleh para pembuat video, berbagai rumah produksi atau home production terus bermunculan dan terus mengalami persaingan, entah dari segi pelayanan, hasil video dan harga yang sangat menentukan suksesny bisnis ini.

Memang jika hoby sudah menjadi pekerjaan maka akan terasa menyenangkan, bagaimana tidak, dari sekedar iseng-iseng membuat video , kemudian ada orang lain melihat dan menilai hasil karya video kita menarik, kemdian orang  tersebut tertarik dengan video kita, dan akhirnya memesan untuk dibuatkan . Maka hal ini dapat menjadi salah satu awal promosi untuk mengembangkan bisnis ini.

Namun seorang pembuat video baik pasca produksi video maupun sesudah jadi, semua tidak terlepas dari yang namanya edit video, Semua komponen video kita tentu akan masuk dapur editor dulu agar hasilnya lebih menarik dan professional.

Nah, kadang dari kita yang sudah sering ngedit video tentunya pernah atau bahkan sering mengalami yang namanya “jenuh” nunggu hasil video yang kita edit untuk segera jadi, Namanya Merender video atau proses dimana penggabungan semua klip video sesudah kita susun dan kita tambahkan berbagai macam efek.

Lemot, Lambat atau bahkan hang komputernya kertika proses render berlangsung, iitu menjadi kondisi yang sangat muak dan bahkan hampir putus asa, bagaimana tidak, setelah kita memikirkan ide-ide konsep video yang kita buat, belum lagi proses ngeditnya yang hampir seharian, ketika kita render  komputernya lemot bahkan hang, dan yang parah lagi belum kita save projectnya aplikasinya berhenti dan minta di tutup.

Untuk mengatasi hal-hal yang menjengkelkan di atas, agar kamu tidak stren dan kemudian gak mau makan dan mandi, disini akan saya beri sedikit Tips Bagaimana Agara Proses Render Video Kamu Menjadi Lebih Cepat, dan tentunya agar terhindar dari hang.

Spesifikasi hardware computer sangat menentukan dalam sebuah proses edit video, terutama kecepata Porsessor dan RAM, pastikan disini kamu telah menggunakan spek sesuai dengan software editor video yang kamu gunakan, ambil contoh disini saya menggunakan Adobe Premiere Pro CS6, maka minimal system requitmentnya adalah porsessor minimal Core to Duo, atau kelas Core i3 ketas, VGA 1GB, RAM 4GB DDR3.

Namun dalam prakteknya kadang proses ngedit video jadi sangat lambat, jadi perhatika hal-hal berikut :
  • Bersihkan chace RAM pada saat akan membuat proyek baru di Adobe Premiere.
  • Tutup semua aplikasi yang tidak kita gunakan.
  • Pastikan FPS video yang akan kita edit sama dengan proyek yang akan kita buat
Setelah semua selesai dan video kamu telah kamu edit dan tinggal render.

Berikut agar proses Rendermu lebih cepat.

  • Render video kamu (Klik Ctrl + M )
  • Pilih Format video yang kamu inginkan (Saya Rekomendasikan Gunakan H.240/MP4 dan resolusi HD 1080x720p)
  • Masuk ke Taksbar Manager (Klik Kanan Pada Taksbar)
  • Pilih Pada Tab Processes
  • Klik kanan pada Adobe Premiere Pro dan pilih Goto Process
  • Klik kanan lagi pada Adobe Premiere Pro dan klik Set Priority
  • Pilih High atau Realtime (saya sarankan High saja)
  • Dan nyalakan Caps Lock pada keyboard kamu ketika render berlangsung

Setelah mengikuti proses diatas seharusnya proses render video menjadi meningkat sekitar 10% dari biasannya, dan dengan demikian kamu tidak lagi lama-lama menunggu video kamu dan tidak takut lagi hang.

Cara diatas hanya berdasarkan pengalaman atau caraku sendiri ketika saya mengalami kesulitan dan masalah terkait render video pada AdobePremiere Pro CS6 dan tentunya dapat diterapakan pada software lain seperti  After Effect,  Ulead, Sony Vegas, Video Pad dan lain sebagainya.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 komentar

Posting Komentar

Iklan Tengah Post