Mengatasi Gagal Memasukan Nomer Kartu Kredit Pada Google Play Developer

Mengatasi Gagal Memasukan Nomer Kartu Kredit Pada Google Play Developer

Pengalaman ini semoga menjadi pelajaran bagi saya khususnya dan bagi anda semua, berawal dari amanat di Pesantren, karena saya diberi tugas untuk ngurusi tim multimedia , termasuk akhir-akhir ini saya mencoba mengembangkan aplikasi android untuk pesantren saya.


Yang saya kasih tanda itu muncul berulang-ulang
Kejadian tersebut berulang-ulang dan tetap saja sama seperti pada screenshoot di atas, saya sebenarnya memiliki dua identitas kartu kredit , yang satu BNI dan yang kedua BRI dan kedua-duanya saya coba untuk masukan pada kolom yang telah disediakan pada form pembayaran Google Play Developer namun tidak ada hasilnya alias gagal.

Saya sempat bingung, ini kesalahnya terdapat pada apanya, saya pikir ini gara-gara akun Google yang baru saja saya buat, dan saat itu setelah saya membuat akun atau Email baru dari Google langsung saya pakai ntuk daftar Google Play Developer, dan apa saya terlalu cepat untuk menggunakan akun baru dalam mendaftar di Google Play Developer.

Kemudian saya coba untuk logout akun baru tersebut dan saya coba memakai akun lama saya, dan al hasil tetap saja muncul peringatan “Periksa lagi kartu kredit anda dan coba lagi” dan dari sini saya beranggapan bahwa bukan karena akun baru atau lama.

Selanjutnya saya mencoba dengan menghapus Cokie dan Cache pada browser saya, disini saya memakai Google Chrome sebagai browser kesayangan saya, saya memilih Google Chrome karena beberapa fitur yang saya butuhkan terdapat pada browser tersebut.

Berikut fitur yang saya sukai dari Google Chrome versi saya :


  1. Gratis
  2. Tampilan yang simple dan Material Design
  3. Memilki beragam plugin yang hebat yang cocok untuk pegembang designer dan pemrograman.
  4. Cepat dan Mudah digunakan
  5. Terintregrasi dengan produk-produk Google

Setelah saya coba menghapus cache dan cokie browser saya mencoba lagi untuk measukan ulang nomor katu kreditnya, dan apa yang terjadi..? al hasil tetap saja muncul perngatan seperti diatas
Karena saya berfikir mungkin ini gara-gara chace dan cokie yang berlebihan atau error sehingga mengakibatkan saya ksulitan ketika meng-input kode atau nomor kartu kredit pada Google Play Developer.

Dari berbagai eksperimen saya coba untuk mendaftar dan sekaligus membayar sebagai pengembang di Google Play saya kemudian mencari referensi bantuan di internet, dari forum ke forum saya kunjungi dan semua memiliki kasus yang hampir sama dan memiliki penyelesaian yang berbeda pula.

Setelah membaca thread yang cukup panjang dari forum internet terbesar di Indonesia yaitu Kaskus.com yang membahas mengenai pembayaran di internet melal ui Master Card, dan kesimpulanya adalah diantaranya : bahwa saat ini BNI VCN tidak support untuk pembayaran pada Billing wallet Google baik pada pembelian aplikasi android maupun untuk membayar sebagai pemgembang pada Google Play.

Berikut permasalahan dan kenapa sulit memasukan Nomor Kredit pada Goole Play Developer :


  1. Pastikan nomor yang kamu masukan adalah benar sesuai dengan data pada karu kredit.
  2. Nomor harus diketik dan di input secara manual bukan copy paste
  3. Kartu BNI VCN tidak support untuk pembayaran pada Biling Google.
  4. Kartu kredit kebanyakan sulit untuk dibuat pembayaran pada google, dan normal untuk pembayaran lainya, paypal dan transaksi di internet lainya.
  5. Kamu harus menggunakan kode VCN tidak lebih satu jam setelah permintaan melalui sms.
  6. Setelah satu jam setelah permintaan kode VCN maka kode sudah expired atau kadaluarsa.
  7. Gunakan kartu kredit yang berbeda.
  8. Pastikan Alamat pemilik kartu kredit benar termasuk, kecamatan, kota dan kode pos.
  9. Jika ternyata masih gagal memasukan nomor kartu kredit. Coba hubungi pihak bank untuk membantu menyelesaikan permasalahanya.

Namun jangan khawatir, point-point diatas hanyalah kesimpulan permasalahan dan penyelesainya yang saya rangkum dari berbagai forum, namun jika masih ingin berhasil membayar kepada aplikasi android cobalah menggunakan VCC atau Virtual Credit Card.

VCC dapat kamu gunakan untuk pembayaran layaknya kartu kredit pada umumnya, memang VCC tidaklah berbentuk fisik namun hanya virtual namun fungsinya sama seperti kartu kredit fisik lanya.
Kamu bisa mendapatkan VCC dengan mudah melalui jasa penjualan VCC yang banyak beredar di internet, saya sarankan carilah penyedia layanan VCC yang terpercaya agar transaksi aman, untuk menghindari penipuan dan lain sebagainya.

Demikian sedikit pengalaman yang dapat saya tulis di sini, dan semoga dengan begitu anda menemukan solusi untuk permasalahan terkait Gagal Saat Memasukan Nomor Kartu Kredit Pada Google Play Developer.
Baca Juga
SHARE
Saiful Anwar
Seorang Santri dan pecinta teknologi informasi, Blogger sejak 2013

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post